Labu Parang Kuah Santan (Lodeh Labu Parang)

Suatu hari ketika berbelanja di supermarket langganan, saya melihat ada labu parang. Saat itu saya belum pernah mengolah labu parang. Tapi saya penasaran dan akhir saya beli labu parang tersebut.



Di rumah saya googling untuk mengetahu bisa diolah menjadi apakah labu parang ini. Ternyata banyak ragam cara pengolahannya. Mulai dari makanan manis seperti kolak dan cake, bisa juga diolah sebagai masakan gurih seperti sup (appetizer), sekedar dipanggang dalam oven menggunakan minyak zaitun, garam, dan lada hitam, atau disayur dan disantap sebagai teman makan nasi. Salah satunya adalah sayur labu parang kuah santan yang resepnya saya share di bawah ini. Boleh dikatakan ini Sayur Lodeh Labu Parang.



Bahan-bahan:
200 gram daging labu kuning, potong kotak-kotak
5 batang kacang panjang, potong-potong 2 cm
2 buah cabai merah besar, iris serong
300 ml air
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu-bumbu yang tidak dihaluskan:
2 lembar daun salam sobek-sobek sedikit agar keluar wanginya
2 cm lengkuas iris-iris dan memarkan
1 sendok teh gula merah sisir
2 sendok teh garam

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 buah cabe merah keriting
1/2 sendok teh ketumbar
3 butir kemiri sangrai

Cara Membuat:
1. Siapkan panci di atas kompor. Masukan air yang telah anda siapkan. Rebus air.
2. Masukan labu kuning, tunggu hingga air mendidih.
3. Sementara itu tumis bumbu halus, lengkuas, daun salam dan cabai merah dalam wajan terpisah dengan sedikit minyak sampai mengeluarkan aroma harum.
4. Masukan bumbu yang telah anda tumis ke dalam rebusan labu. Aduk sampai merata agar bumbu-bumbu menyatu.
5. Masukan garam dan gula merah. Aduk kembali hingga larut.
6. Masukan kacang panjang.
7. Masukan santan.
8. Cicipi dan koreksi rasa bila perlu.
9. Masak sebentar hanya sampai kacang panjang setengah matang.
10. Angkat dan sayur labu parang kuah santan siap disajikan bersama nasi hangat.

Comments

Popular Posts