Hiyayakko

Hai mama-mama yang kelaparan! Kali ini saya ingin bicara soal hidangan Jepang lagi. Coba pikirkan hidangan Jepang apa yang kamu tahu?

Sushi! Ramen! Udon! Shabu-shabu, Yakiniku, Sukiyaki, Tempura, Takoyaki, okonomiyaki, sashimi! Hhmmm.. apalagi ya....

Hiyayakko!!

Hah?? Apaan tuh... Hiyayakko??


Kenalan dulu yuk....




Hiyayakko merupakan hidangan tofu dingin atau kalau dalam bahasa Inggris biasa disebut Cold Tofu Salad. Hidangan ini biasanya diberi topping beragam. Namun paduan yang paling umum adalah irisan daun bawang, katsuoboshi, shoyu dan parutan jahe. Topping lainnya seperti daun perilla, daun sisho, kulit yuzu, lobak daikon, ketimun, wakame, jagung manis, dan pasta plum juga cocok dijadikan topping Hiyayakko. Hidangan ini cocok disajikan sebagai appetizer atau sebagai hidangan penyegar di hari-hari yang panas.


Membuat hidangan ini amat sangat mudah, bahkan tidak ada proses memasak sama sekali. Saat saya tiba-tiba ingin makan sesuatu tetapi malas masak, dan kebetulan di kulkas ada tahu sutera, pasti saya akan langsung membuat Hiyayakko.

Langsung aja ya ke resepnya...
 
Bahan-bahan:
  • 1 blok Tahu Sutera, dinginkan di kulkas (saya menggunakan tahu sutera packing yang dijual di supermarket berharap lebih bersih)
  • 4 sdm Katsuobushi (dried bonito flakes)
  • 1 batang Daun Bawang, iris-iris tipis
  • 2 sdt Jahe Parut
  • 4 sdm Kecap Asin

Cara Membuat:
  1. Potong-potong tahu sutera menjadi 2 atau 4 bagian.
  2. Letakkan tiap potongan tahu sutera di atas piring saji dan berikan topping katsuobushi, irisan daun bawang, serta parutan jahe di atasnya
  3.  Siram dengan kecap asin saat akan disajikan.
Selamat menikmati.... :)



Comments

Popular Posts