Perfect Vegetables Tempura

Masakan Jepang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar. Siapa yang tidak mengenal Sushi, Ramen, Udon, dan Tempura? Mungkin malah menjadi salah satu makanan favoritmu?

Tempura misalnya, merupakan salah satu masakan Jepang yang sangat saya sukai, tetapi selama ini tidak pernah berhasil membuatnya di rumah. Adonan tempura (Tempura Battter) harus renyah dan ringan, dan untuk mendapatkan hasil yang demikian sangatlah sulit. Seringkali saat kita berusaha membuatnya di rumah hasilnya sangat jauh dari harapan -- keras atau malah lembek? Atau berminyak?


Kali ini saya akan membagikan trik-trik dasar membuat tempura sayuran yang  renyah dan ringan. Trik ini bahkan bisa digunakan untuk membuat batter gorengan yang lain seperti Tempura Udang atau bahkan Pisang Goreng!




Bahan-Bahan Adonan Tepung (Batter):
1 Cup Tepung Terigu Serba Guna / All Purpose Flour
1 Cup Tepung Maizena / Corn Starch
1 Sdt Soda Kue / Baking Soda
Air soda tanpa rasa (tawar) yang sangat dingin
1 Butir Telur Ayam diambil kuningnya saja
Garam dan Lada secukupnya

Bahan-Bahan Sayuran:
Brokoli ukuran sedang, cuci bersih dan potong-potong per kuntum
Buncis Kecil, cuci bersih dan biarkan utuh
Jamur Enoki, buang akarnya dan bagi-bagi menjadi beberapa kelompok kecil (jangan diurai semua)
Bawang Bombay, potong cincin
* Siapkan tepung Maizena secukupnya untuk membalur sayuran sebelum dicelupkan ke adonan

Selain sayur-sayuran yang saya pakai di atas, kamu juga bisa pakai sayuran lainnya seperti Wortel yang dipotong-potong, Terong, Okra, Zukini, Bunga Zukini, dsb sesuai selera.

Bahan Saus:
3 Sdm Kecap Asin
1 Sdt Dashi bubuk (kalau sulit, boleh pakai kaldu ayam bubuk)
1 sdt Gula Pasir
1/4 Air perasan Jeruk Lemon
1/2 ruas jari Jahe, iris-iris tipis memanjang (julianne)
Air putih matang secukupnya
* Campur semua bahan saus sampai gula dan dashi bubuk larut, tambahkan air hingga rasanya pas menurut kamu

Cara Membuat Adonan (Batter):
- Campur Tepung Terigu, Tepung Maizena, dan Baking Soda dalam sebuah wadah.
- Masukkan kuning telur, garam, dan lada
- Tambahkan air soda dingin sambil diaduk perlahan hingga didapat adonan yang agak cair tapi masih dapat melekat dengan baik.

Trik 1:
- Adonan Tempura sangat renyah dan ringan. Jika adonan terlalu kental dipastikan tidak akan ringan hasilnya, tapi jika terlalu encer akan sulit melekat di sayuran. Jadi tingkat kekentalan adonan harus pas, seperti es krim yang mulai mencair.
- Suhu dingin sangat membantu hasil yang renyah. Jadi air soda yang digunakan haruslah sangat-sangat dingin. Jika memungkinkan wadah yang digunakan untuk mencampur adonan juga dingin. Kamu bisa meletakkan wadah tersebut diatas wadah lain yang berisi es, misalnya.
- Adonan tidak boleh terlalu banyak diaduk. Kamu tidak ingin mengocok gluten dalam tepung karena akan membuat adonan menjadi keras. Kamu bisa menggunakan sumpit untuk mengaduk, dan aduk perlahan saja dan tidak terlalu lama. Dalam membuat tepura, gumpalan-gumpalan dalam adonan tidak apa-apa dan bahkan gumpalan tersebut ketika terkena minyak panas akan pecah dan memberikan efek "keriting".

Cara Menggoreng Tempura Sayur:
- Siapkan Sayuran yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong.
- Siapkan adonan dingin
- Panaskan minyak goreng sampai suhunya benar-benar panas
- Lumuri Sayuran dalam Tepung Maizena kering untuk menyerap cairan-cairan dan membuat adonan nanti bisa menempel dengan baik
- Celupkan sayuran tadi ke dalam adonan, satu per satu dan langsung goreng dalam minyak panas sampai adonan berwarna kuning keemasan. Proses menggoreng ini cukup cepat karena minyak yang panas.
- Lanjutkan proses ini sampai semua sayuran selesai digoreng
- Tempura sayuran yang renyah dan ringan siap dinikmati bersama dengan sausnya

Trik 2:
- Minyak goreng harus banyak, menggoreng tempura harus dengan metode Deep Fried (goreng rendam). Jadi gunakan wajan menggoreng yang cukup dalam dan jangan pelit menggunakan minyak goreng. Makanan ini memang bukan untuk orang yang sedang diet lemak, hahaha...
- Pastikan minyak goreng benar-benar sudah panas. Menggoreng dalam minyak yang belum panas menyebabkan gorengan lembek dan menyerap minyak lebih banyak. Minyak yang benar-benar panas juga membuat proses penggorengan lebih cepat. Dalam hal ini kita mmenggoreng sayuran dan kita pasti mengharapkan masih bisa menikmati tekstur sayuran yang segar dan renyah kan? Jadi pastikan minyaknya panas, dan goreng sayuran sebentar saja, cukup untuk membuat adonan berubah warna menjadi kuning keemasan.

Coba praktikkan trik-trik yang saya bagikan ini, saya pastikan kamu tidak akan pernah gagal lagi. Selamat mencoba :)

Comments

Popular Posts