Rujak Tahu

Saat bulan Ramadhan, setelah seharian berpuasa menahan haus dan lapar, terkadang saya ingin makan sesuatu yang segar, asam, manis, pedas, macam nano-nano gitu deh. Mungkin Asinan? Bissaaaa... Pempek? Hhhmmm...yummy....

Eeiitss.. tapi bukan itu resep yang akan saya share kali ini. Resep yang akan kalian temukan di bawah ini adalah resep Rujak Tahu. Saya sendiri kurang paham asal muasal atau makanan khas daerah mana si Rujak Tahu ini. Kalau dari rasa dan bahan-bahannya seperti perpaduan Sumatera dengan Jawa.


Ini dia penampakannya. Ada sohun, toge rebus, ketimun, bakwan goreng, kacang tanah goreng, dan tentu saja tahu goreng. Rasa kuahnya mirip dengan kuah cuko Pempek Palembang hanya lebih encer. Berwarna coklat gelap dengan kombinasi rasa asin, asam, manis, dan pedas yang menyegarkan dengan aroma bawang putih. Kalau dari isinya kelihatan serupa dengan Kupat Tahu Magelang kan?




Oke deh, nggak perlu berpanjang lebar, di bawah ini adalah bahan-bahan dan cara membuatnya. Oh iya, sebagai catatan, gunakan perasaan dan lidahmu saat memasak. Untuk ukuran bumbu-bumbu saya berikan kurang lebih saja sebab saya juga kurang tahu pastinya, hahahaha... saya hanya menggunakan ilmu kira-kira dan indra perasa saya untuk mencicipi rasanya. Tapi tenang saja, kecuali kamu sedang membuat kue dimana setiap ukuran/takaran harus tepat, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan itu dalam membuat Rujak Tahu.

Bahan Isi:

1 blok tahu putih ukuran besar, potong 4 bagian, goreng, sisihkan
1 bungkus sohun ukuran 100gr, seduh air panas / rebus sebentar sampai lemas, sisihkan
Bakwan sayur goreng (boleh cari resep bakwan sayur di mbah google yaah)
1 pak toge (berhubung beli di supermarket jadi kemasannya pak, kurang lebih 3 genggam), seduh air panas, sisihkan
1 buah ketimun ukuran besar, potong-potong kecil

Optional (Jika Suka):

4 butir telur ayam, goreng mata sapi
Bawang merah goreng
Kacang tanah goreng
Kerupuk
 
Bahan Kuah:

1 liter air
10 siung bawang putih (saya suka bawang putih, jadi pakai banyak)
3 buah asam jawa, kupas/pecahkan kulitnya
2 blok gula aren / gula jawa, sisir
1/2 ruas jari terasi, bakar
5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera, potong-potong
3-5 sdm kecap manis (untuk memekatkan warna supaya cantik)
Gula Pasir secukupnya, ditambahkan terakhir jika kuah dirasa kurang manis
Garam secukupnya

Cara Membuat:

      Cara Mambuat Kuah:
  1. Haluskan bawang putih, cabai rawit, dan terasi.
  2. Rebus air, masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan beserta asam jawa, rebus sampai semua rasanya "keluar" dan ter-infused di air.
  3. Tambahkan gula jawa yang sudah disisir, rebus hingga gula larut.
  4. Tambahkan garam, kecap manis, dan gula pasir hingga rasannya tepat.
      Cara Penyajian:
  1. Tahu goreng dan Bakwan Sayur dipotong-potong seukuran satu suapan. Susun dalam mangkuk beserta toge dan ketimun, sisihkan.
  2. Tuang kuah secukupnya ke adalam mangkuk, tambahkan telur mata sapi, kacang tanah goreng, bawang merah goreng, dan kerupuk.
  3. Rujak Tahu siap untuk disajikan
Resep ini cukup untuk membuat 4-5 porsi Rujak Tahu.

Simple kan?

Cheat 1:
Waaahhh... kepingin Rujak Tahu tapi nggak punya gula merah dan asam jawa. Tenaaang... sebagai "Urban Cook" aku selalu punya cheat nya, hahaha...

Sebenarnya untuk bahan kuah yang wajib ada adalah bawang putih, terasi, dan garam. Kalau kamu nggak punya gula jawa, ganti aja dengan gula putih... dan supaya warnanya bisa coklat, tambahkan saja kecap manis. Dijamin, rasanya sama kok. Kecap kan dari gula jawa juga toh? Dan untuk rasa asamnya, kalau kamu nggak punya asam jawa, kamu bisa pakai cuka. Kalau cuka juga nggak punya, boleh kok pakai jeruk nipis atau jeruk lemon. Pokoknya sumber asam apapun bisa dipakai. Be creative lah... hanya kalau kamu pakai jeruk, air jeruknya dimasukkan setelah kuahnya matang ya... jangan dimasak lama-lama karena bisa jadi agak pahit.

Cheat 2:
Mmmm... ini sebenarnya bukan cheat tapi lebih kepada tips. Dalam membuat rebusan, apakah untuk kuah, atau untuk minuman, sebaiknya bahan-bahan bumbu direbus terlebih dahulu sebelum memasukan gula. Seperti di atas tadi saya merebus bumbu halus beberapa saat sebelum memasukkan gula. Demikian juga jika saya merebus jahe untuk membuat kuah kolak atau minuman jahe, atau menyeduh teh dan kopi. Kenapa? Sebab gula akan menghambat infusi bahan-bahan tersebut ke air. Jadi jika kamu memasukkan gula di awal, bahan-bahan lain yang kamu masukkan tidak bisa maksimal rasanya.

Soo... silakan dicoba resep simpel nan segar ini...


Comments

Popular Posts