Nasi Liwet Sunda


Tiba-tiba ingin makan sesuatu yang sederhana... Sesuatu yang tradisional...



Saya ingat waktu perpisahan salah seorang kawan di tempat kerja, kawan saya membuat acara makan-makan yang sekarang sering disebut "Liwetan", yaitu acara makan-makan dimana pesertanya duduk berjajar lesehan di lantai, dengan daun pisang yang dijajar memanjang, dan diatas daun pisang itu disebar nasi liwet beserta lauk pauknya.



Tapi bagi saya yang keturunan Sunda, namanya liwet ya Nasi Liwet, bagaimanapun cara menyantapnya . Apakah ada nasi liwet versi jawa, sumatera, dll? Apakah Nasi Liwet ini berasal dari tanah Pasundan atau daerah lain? Kurang tahu juga. Yang saya tahu sejak dulu Nasi Liwet adalah nasi gurih ala Sunda. Hhmmm nanti setelah ini saya googling deh mengenai asal muasal Nasi Liwet ini.

Versi Lengkap Nasi Liwet Sunda

Sebenarnya sudah lama sekali saya membuat nasi liwet ini, sampai lupa kapan tepatnya. Untung saya masih simpan fotonya.. jadi sekarang saya hanya tinggal menuliskan resepnya saja. #dasarpemalas 
Baiklah, langsung ke resepnya saja ya...



Bahan-Bahan:
300 gram Beras
10 siung Bawang Merah, iris-iris tipis
3 siung Bawang Putih, iris-iris tipis
5 lembar Daun Salam, sobek beberapa bagian
2 batang Serai, ambil bagian putihnya, memarkan
1 cm Lengkuas, iris-iris dan memarkan
5 buah Cabe Rawit, biarkan utuh
5 batang daun kemangi, ambil daunnya saja
150 gr Teri Medan
Garam secukupnya
50 ml Santan kental (supaya tambah wangi dan gurih saja, daripada pakai micin, hehe. Kalau aslinya tdk pakai santan)
Air untuk menanak nasi secukupnya (pakai ukuran seperti biasanya menanak nasi, dikurangi 50 ml krn memperhitungkan santan tadi kalau pakai santan ya)

Cara Membuat:
1. Cuci beras hingga bersih
2. Masukkan ke dalam panci liwet / rice cooker (saya pakai rice cooker)
3. Tambahkan air, santan, dan garam
4. Tumis bumbu-bumbu: bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, lengkoas, cabe rawit hingga harum
5. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci / rice cooker, aduk-aduk
6. Tanak beras hingga matang
7. Sementara itu goreng teri hingga kering
8. Setelah nasi matang, tambahkan teri goreng dan daun kemangi ke dalam nasi dan aduk sampai rata
9. Nasi Liwet ala Sunda siap disajikan dengan lauk pauk khas Sunda pilihan kamu, lalapan, dan sambal pastinya

Mudah kan?

*Catatan: di foto saya tdk pakai kemangi dan cabe rawit karena pas di rumah tidak ada, hehe.. hampura 

Comments

Popular Posts