Okonomiyaki

Masakan Jepang lagi.. Masakan Jepang lagi...

Saya begitu menyukai rasa masakan Jepang yang ringan dan sederhana. Sebenarnya bumbu-bumbu masakan Jepang yang populer di Indonesia tidak terlalu banyak macamnya. Yang paling sering digunakan antara lain Dashi (kaldu yang merupakan air rebusan katsuobushi), Kombu (rumput laut kering yang biasa digunakan untuk campuran membuat kaldu), Miso (pasta kedelai Jepang), Shoyu (Kecap Asin Jepang), Mirin (Arak beras dengan citarasa manis, katanya, tapi krn tdk halal saya substitusi dengan mencampur air, sari lemon, dan gula), lalu Nori (lembaran rumput laut kering yang sering digunakan sbg topping masakan, atau pembungkus sushi), dan Katsuobushi (serpihan ikan asap yg diserut). Dengan bahan-bahan yang saya sebutkan tadi saja kamu bisa membuat berbagai resep masakan Jepang. Bumbu-bumbu tadi ada semua di dapur saya sehingga jangan heran kalau saya sering membagikan resep-resep masakan jepang ya...

Okonomiyaki...

Pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Mungkin juga kamu pernah mencobanya, beli di salah satu stand Takoyaki di mall. Harganya lumayan ya, paling tidak puluhan ribu rupiah harus melayang untuk mendapatkan seporsi Okonomiyaki ini. Padahal dengan uang puluhan ribu itu kamu bisa buat Okonomiyaki berkali-kali.




Okonomiyaki adalah salah satu penganan khas Jepang yang menyerupai dadar, berbahan dasar telur, tepung okonomiyaki* dan sayur-sayuran. Selain menyehatkan makanan ini juga lezat dengan taburan serpihan katsuobushi, nori, saus okonomiyaki, dan mayones.



Berikut ini bahan-bahan dan Cara membuat Okonomiyaki sendiri di rumah...


Bahan saus:
3 sdm saus tomat
2 sdm kecap Inggris (atau bisa pakai kecap asin saja)
1 sdm saus tiram
Gula pasir secukupnya
Air Kaldu (kamu bisa pakai kaldu cumi-cumi, kaldu gurita, tapi saya pakai kaldu dashi. Kamu juga bisa pakai kaldu ayam bubuk yg dicampur air jika ingin.)

Cara membuat saus:
Campur semua bahan di atas. Aduk hingga merata dan mencapai kekentalan yang diinginkan.

Bahan Okonomiyaki:
90 gram kol putih, cincang kasar
1 buah wortel, parut kasar
2 batang daun bawang, iris tebal
45 gram tepung okonomiyaki* (atau kalau tidak punya, boleh gunakan tepung terigu biasa)
5 sdm kuah kaldu
Katsuoboshi secukupnya
Nori lembaran secukupnya
1 sdt garam
1 butir telur ayam
gurita / tako secukupnya, iris menjadi bagian-bagian kecil (gurita bisa diganti dengan cumi, udang, potongan ikan salmon, sosis, dll)
Mayones secukupnya

Cara memasak:
1. Campur kol, tepung, dan kuah kaldu, aduk.
2. Setelah bahan tercampur, masukkan wortel, daun bawang dan telur ke dalam adonan no.1.
3. Tuang setengah adonan okonomiyaki ke pan, beri isian gurita yang telah diiris, kemudian tutup isian dengan sisa adonan okonomiyaki yang tersisa
4. Balik adonan dan tutup jika adonan dirasa tebal (jika ketebalan okonomiyaki lebih dari 1 cm)
5. Tunggu hingga adonan harum dan matang
6. Angkat okonomiyaki dari penggorengan, potong-potong.
7. Beri saus, mayones, taburan katsuobushi dan potongan nori lembaran di atas okonomiyaki

Trik membuat Okonimyaki yang lembut:
Trik memasak okonomiyaki adalah jangan terlalu banyak mengaduk adonan. Terlalu banyak mengaduk akan merusak gluten dalam tepung sehingga mengakibatkan adonan menjadi berat dan padat. Saat menggoreng juga jangan terlalu sering ditekan-tekan. Cara lain adalah dengan memberikan komposisi sayuran lebih banyak daripada tepung. biarkan satu sisi matang sambil ditutup, lalu pakai dua spatula untuk membalik adonan agar bentuknya tetap rapi, tutup kembali sampai okonomiyaki matang dan kedua sisinya coklat keemasan.


*Lalu apa yang dimaksud dengan Tepung Okonomiyaki, apa bedanya dengan Tepung Terigu biasa?
Tepung Okonomiyaki adalah tepung Jepang khisis untuk membuat okonomiyaki, yang terdiri dari campuran tepung gandum dan tepung yamaimo yang memberikan tambahan rasa serta kekuatan mengikat yg lebih baik. Beberapa merk juga mengandung bubuk bonito jadi lebih ada rasanya. 



Comments

Popular Posts